Implementasi Penilaian Autentik Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Studi Kasus di MA NU 3 Ittihad Bahari Purworejo Bonang Demak)
Daftar Isi:
- Masalah utama dalam penelitian ini adalah :Bagaimana perencanaan penilaian autentik dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA NU 3 Ittihad Bahari Purworejo Bonang Demak. Bagaimana pelaksanaan penilaian autentik di MA NU 3 Ittihad Bahari Purworejo Bonang Demak Bagaimana pengolahan hasil penilaian autentik di MA NU 3 Ittihad Bahari Purworejo Bonang Demak Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) bagian yaitu data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah: 1). Perencanaan penilaian autentik pada guru Akidah Akhlak sudah baik sesuai ketentuan-ketentuan prinsip – prinsip penilaian. 2). Pelaksanaan penilaian autentik pembelajaran Akidah Akhlak di MA NU 3 Bahari Purworejo sudah efektif karena mampu mengukursemua aspek yang di evaluasi yaitu Aspek sikap, aspek pengetahuan, Aspek ketrampilan 3). Pengolahan dan hasil penilaian autentik pada pembelajaran AkidahAkhlak di MA NU 3 Bahari Purworejo dapat dikatakan efektif karena menggambarkan kondisi nilai yang sesungguhnya. Kata kunci: Implementasi, Penilaian authentic, Akidah Akhlak