FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERINGKAT OBLIGASI PADA PERUSAHAAN KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA
Main Author: | Isnain, Febrian Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unissula.ac.id/1352/1/Cover.pdf http://repository.unissula.ac.id/1352/2/Abstrak.pdf http://repository.unissula.ac.id/1352/3/Daftar%20Isi.pdf http://repository.unissula.ac.id/1352/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.unissula.ac.id/1352/ |
Daftar Isi:
- Peringkat merupakan sebuah pernyataan tentang keadaan pengutang dan kemungkinan apa yang bisa dan akan dilakukan sehubungan dengan utang yang dimiliki. Peringkat obligasi penting bagi investor agar investor dapat mengetahui obligasi yag berpotensi gagal bayar (default) atau tidak gagal bayar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif ukuran perusahaan size, profitability, activity, market value ratio, (growth), (secure), Reputasi Auditor dan pengaruh negatif Laverage, Maturity terhadap prediksi peringkat obligasi perusahaan. Populasi yang digunakan adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2010-2012 dan peringkat obligasi yang terdaftar di PT. Pefindo dari tahun 2010-2012. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling, yang berjumlah 55 data yang memenuhi kriteria. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan ukuran perusahaan, rasio leverage, rasio profitabilitas, rasio aktivitas, market value ratio, growth, secure, umur dan reputasi auditor secara bersama-sama berpengaruh posiif terhadap peringkat obligasi, dengan kemampuan sebesar 51 %. Degan tujuh variabel independen (ukuran perusahaan, rasio leverage, rasio profitabilitas, umur obligasi, Growth, Secure, dan reputasi auditor) berpengaruh positif signifikan terhadap perigkat obligasi. Sedangkan dua variabel lainnya (leverage dan market vallue) tidak berpengaruh positif signifikan terhadap peringkat obligasi. Kata Kunci : Leverage, Profitability, Activity , Market value , Growth, Secure, Umur obligasi, dan Reputasi auditor,Peringkat obligasi.