Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh asimetri informasi, dan kompensasi bonus terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya manajemen laba. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 52 perusahaan, dengan sistem pooled cross sectional yaitu dengan menggabungkan data cross section selama 3 tahun berturut-turut (2014-2016), jumlah data yang diolah sebanyak 30 perusahaan yang memberikan kompensasi bonus dan 22 perusahaaan yang memberikan kompensasi bonus. Dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji asumsi klasik. Analisis statistik deskriptif dilakukan untuk mengetahui distribusi data sedangkan uji asumsi klasik dilakukan untuk menguji kelayakan model regresi yang selanjutnya akan digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asimetri informasi dan kompensasi bonus berpengaruh terhadap manajemen laba, hal ini mengindikasikan bahwa kesenjangan yang tinggi antara informasi yang di dapat oleh pihak manajemen dan pihak investor akan membuat manajemen laba semakin tinggi. Kata kunci : asimetri informasi, kompensasi bonus, manajemen laba