IMPLEMENTASI METODE HAFALAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (MAHFUDZOT) PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS DARUL AMANAH KENDAL
Daftar Isi:
- Metode hafalan seringkali dianggap sebagai metode kuno yang sudah tidak relevan dengan jaman. Namun ternyata, pendapat tersebut tidak selamanya benar, karena dalam beberapa konteks tertentu metode hafalan ini sangat cocok untuk diterapkan. Misalnya saja dalam pelajaran dengan materi-materi sejenis dalil, ayat, hadits, pembelajaran Bahasa Arab, dan lain sebagainya, metode hafalan ini lah yang paling pas untuk diterapkan, karena bagaimanapun juga demi pemahaman yang lebih mendalam untuk dapat memahami suatu dalil itu seyogyanya dihafalkan terlebih dahulu. Hal tersebut juga dapat bermanfaat untuk memudahkan dalam proses menyampaikan apa yang telah dihafalkan. Maka dari itu, penelitian ini mencoba mengetahui bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dalam penerapan metode hafalan pada pembelajaran Bahasa Arab (Mahfudzot) di MTs Darul Amanah Kendal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder yang semuanya berkaitan dengan implementasi metode hafalan pada pembelajaran Bahasa Arab (Mahfudzot) di MTs Darul Amanah Kendal. Data akan dianalisis dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis terhadap data yang ada, penulis menyimpulkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi dalam penerapan metode hafalan pada pembelajaran Bahasa Arab (Mahfudzot) di MTs Darul Amanah Kendal secara keseluruhan berjalan dengan baik dan efektif. Hal ini dibutikan dengan data-data yang didapatkan selama penelitian berlangsung yang sesuai dengan pedomanpedoman pelaksanaan suatu pembelajaran pada umumnya. Kata Kunci: Implementasi, Metode, Hafalan, Bahasa Arab, Mahfudzot.