PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN (Studi Kasus Perpustakaan Fakultas Teknologi Industri UNISSULA)
Daftar Isi:
- Perpustakaan tidak hanya dipandang dari sisi bagus dan mewah tetapi terdapat unsur lain sebagai pendukung sebuah perpustakaan yaitu pelayanan. Perpustakaan dituntut dapat memberikan pelayanan yang terbaik, pelayanan merupakan salah satu unsur krusial pencapaian sebuah keberhasilan perpustakaan disebabkan karena memiliki peran penting dengan pemustaka sebagai pemakai layanan jasa dan fasilitas yang ada di perpustakaan. kepuasan pemustaka terhadap kualitas pelayanan perpustakaan merupakan hal yang utama dibandingkan dengan yang lain. Ekspektasi pemustaka yang tinggi sering berbanding lurus dengan kepuasan yang diterima. Penelitian ini bertujuan membuat sistem yang dapat mengukur kualitas pelayanan perpustakaan dilihat dari perspektif pemustaka pada studi kasus perpustakaan Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Metode Libqual merupakan metode yang digunakan untuk mengukur kualitas pelayanan perpustakaan, metode Libqual terdapat tiga dimensi sebagai indikator pengukuran yaitu Affect of Service (kinerja petugas dalam pelayanan), Information Control (kualitas dan akses informasi), Library as Place (sarana perpustakaan). Metode ini sering digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan terhadap kualitas pelayanan perpustakaan yang diukur dari persepsi dan harapan dari pemustaka. Keyword: Kualitas Pelayanan, Ekspektasi, Libqual