PENGARUH FREE CASH FLOW, LEVERAGE, ASIMETRI INFORMASI DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2016)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis Free Cash Flow, Leverage, Asimetri Informasi dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba dan untuk mendapatkan bukti yang empiris dengan cara menguji variabel-variabel tersebut. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2016. Pengambilan Sampel menggunakan purpose sampling dengan sampel sebanyak 159 data. Sampel harus memenuhi beberapa kriteria yaitu: a) Perusahaan manufaktur yang memiliki data laporan tahunan selama periode 2014-2016, b) Perusahaan manufaktur yang mempublikasikan laporan tahunan secara berturut-turut selama periode 2014-2016, c) Perusahaan manufaktur yang menerbitkan laporan keuangan dalam satuan mata uang rupiah, d) Perusahaan manufaktur yang melaporkan laba setiap tahunnya dan tidak mengalami kerugian selama periode 2014-2016. Teknik analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi linier berganda.Penelitian ini mengungkapkan bahwa Free Cash Flow dan Asimetri Informasi berpengaruh positif terhadap Manajemen Laba.Sedangkan Leverage dan Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Manajemen Laba. Kata Kunci: Asimetri Informasi, Free Cash Flow, Leverage, Manajemen Laba, Ukuran Perusahaan