ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS DI GOMBEL GOLF SEMARANG)
Daftar Isi:
- Penurunan kepuasan pelanggan ditunjukkan oleh banyaknya komplain yang diberikan oleh pelanggan, sehingga loyalitas pelanggan menjadi berkurang. Hal ini dirasakan perusahaan sangat merugikan karena perusahaan jasa sangat mementingkan kepuasan pelanggannya. Hal ini berakibat pada loyalitas pelanggan terhadap jasa yang diberikan oleh Gombel Golf Semarang. Penelitian ini bertujuan untukk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Gombel Golf Semarang sebanyak 3100 orang. Penelitian ini menyebarkan 100 kuesioner sebagai sampel. Metode sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan, adanya pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan atau dengan kata lain, kepuasan pelanggan mampu memediasi hubungann kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan