Daftar Isi:
  • Kondisi capaian target pajak pada KPP Pratama 1 Semarang yang dalam beberapa tahun terakhir selalu tidak tercapai dan bahkan mengalami penurunan persentase penerimaan bisa bersumber dari banyak faktor antara lain kondisi ekonomi dalam negeri maupun luar negeri yang mengalami perlambatan atau stagnan, penetapan target pajak yang melalui proses politik anggaran, kepatuhan wajib pajak yang masih rendah, administrasi pajak dan regulasi yang memerlukan perbaikan – perbaikan. Tidak tercapainya target pajak tersebut menunjukkan kinerja pegawai yang tidak prima yang disebabkan oleh tidak adanya organizational citizenship behavior yang kuat. Berdasarkan riset gap, faktor yang mampu OCB dan kinerja adalah pengembangan karir dan kompetensi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh pengembangan karir dan kompetensiterhadap organizational citizenship behaviordan kinerja pegawai KPP Pratama 1 Semarang dan pengaruh proactive personalitydalam memoderasi pengaruhorganizational citizenship behavior terhadap kinerja. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak119 orangpegawai Kantor Pelayanan Pajak Pratama 1 Semarang dengan metodesensus. Data rasio penelitian didapat dari penyebaran kuesioner. Analisis yang digunakan dalam uji hipotesis ini adalah analisis kuantitatif dengan metode statistik dengan menggunakan path analysis. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan karir dan kompetensiberpengaruh positif terhadap organizational citizenship behavior dan kinerja pegawai KPP Pratama 1 Semarang.Sedangkan proactive personalitymampu memoderasi pengaruhorganizational citizenship behavior terhadap kinerja. Kata kunci: pengembangan karir, kompetensi,organizational citizenship behavior, proactive personality,kinerja pegawai