PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING YANG BERBASIS PADA ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN (studi pada UMKM olahan ceriping dan kerupuk di kota semarang)
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing pada UMKM olahan ceriping dan kerupuk di Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM olahan ceriping dan Kerupuk di kota Semarang sedangkan sampel yang diambil sebanyak 56 responden. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research serta analisis yang digunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Orientasi pasar dan Orientasi kewirausahaan secara statistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Orientasi pasar dan Orientasi kewirausahaan secara statistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing secara statistik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Kata Kunci : Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran.