MODEL PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI KREATIVITAS PROGRAM PEMASARAN, ORIENTASI PASAR DAN KEUNGGULAN BERSAING
Daftar Isi:
- Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kreativitas program pemasaran dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran dengan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening pada UMKM di Kota Semarang. Populasinya adalah seluruh pemilik/pengusaha UMKM makanan di Kota Semarang sebesar 653 UMKM, dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Sampling. Alat analisisnya adalah path analysis, dimana sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kreatifitas program pemasaran dan orientasi pasar dapat menciptakan keunggulan bersaing. Penelitian kreatifitas program pemasaran, orientasi pasar dan keungggulan bersaing juga dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing mampu menjadi variabel intervening antara kreatifitas program pemasaran terhadap kinerja pemasaran. Keunggulan bersaing mampu menjadi variable intervening antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, dapat diartikan bahwa semakin tinggi orientasi pasar, maka para pemilik/pengusaha dapat mengetahui, memahami serta menjawab kebutuhan maupun harapan dari pelanggan agar memiliki keunggulan dalam bersaing, sehingga pencapaian kinerja pemasaran akan meingkat. Kata Kunci : Kreativitas program pemasaran, orientasi pasar, keunggulan bersaing dan kinerja pemasaran.