PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI KAPABILITAS PEMASARAN YANG BERBASIS PADA ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN (Studi kasus pada usaha catering di kota Semarang)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh orientasi kewirausahaan, orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, dengan kapabilitas pemasaran sebagai variavel intervening. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha Catering di kota Semarang sebanyak 130 catering. Sampel penelitian berjumlah 80 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Pemasaran, kapabilitas pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran. Hasil penelitian ini penting bagi para pemilik usaha khususnya pelaku usaha catering di kota semarang khususnya bagian Pemasaran sebagai salah satu referensi dalam melakukan evaluasi dan pengembangan Kinerja pemasaran untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan tersebut. Kata Kunci :Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar, Kapabilitas Pemasaran, Kinerja Pemasaran.