PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di MA Rohmaniyyah Menur Mranggen Demak)
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji tentang peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Rohmaniyyah Menur Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Adapun rumusan masalah dalam tesis ini adalah: 1). Bagaimana mutu pendidikan agama Islam yang mencakup input, proses dan out put di MA Rohmaniyyah Menur Mranggen Demak. 2). Bagaimana peran komite dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam yang mencakup input, proses dan out put di MA Rohmaniyyah Menur Mranggen Demak Penelitian ini dilaksanakan di MA Rohmaniyyah yang beralamatkan di Jl. KH. Abdurrahman No 01 Menur Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Propinsi Jawa Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MA Rohmaniyyah Menur adalah sekolah yang dikelola secara efektif. Prestasi akademik peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah ini cukup tinggi. Penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan. Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, mutu pendidikan agama Islam di MA Rohmaniyyah Menur dikatakan cukup baik, itu dapat dilihat dari segi input, proses, dan out putnya. Kedua, peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di MA Rohmaniyyah Menur, meliputi: 1) sebagai pemberi pertimbangan (advisory agency). 2) sebagai pendukung (supporting agency). 3) sebagai pengotrol (controlling agency). 4) sebagai mediator (executive). Kata kunci: peran komite sekolah, mutu pendidikan agama Islam di MA Rohmaniyyah Menur