Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana supervisi kepala sekolah di SD Kecamatan Semarang Selatan, bagaimana kompetensi Pedagogik guru pendidikan agama Islam di SD Semarang Selatan, dan bagaimana peran supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di SD kecamatan Semarang Selatan. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan di SDN Lamper Tengah 02 Jl. Lamper Tengah XIV Semarang dan SD Islam Al Kotimah Jl. Randusari Spean I No. 248 Semarang. Sumber pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan dokumen sekolah. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan untuk teknik adaalis data menggunakan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat disimpulkan: pertama, supervisi yang dilakukan kepala sekolah berjalan cukup baik, meskipun ada beberapa hal yang belum terlakasa dengan baik, kedua, kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam sudah baik dalam unsur perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi dari hasil pembelajaran, ketiga, peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam berjalan dengan efektif, meskipun ada beberapa faktor penghambat, salah satunya adalah kurang berperannya pengawas guru pendidikan agama Islam dalam supervisi yang dilakukan kepala sekolah. Kata kunci: peran, supervisi kepala sekolah, dan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam.