ctrlnum 12541
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unissula.ac.id/12541/</relation><title>EFEKTIVITAS METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR&#x2019;AN (Studi Kasus di SD Islam Diponegoro Surakarta)</title><creator>MALIKAH, MALIKAH</creator><subject>BL Religion</subject><description>Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode Ummi dalam pembelajaran membaca al-Qur&#x2019;an di SD Islam Diponegoro Surakarta. Serta efektivitas metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik di sekolah tersebut. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan implementasi metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur&#x2019;an di SD Islam Diponegoro Surakarta dan menggambarkan efektivitas penerapan metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca al-Qur&#x2019;an siswa di SD Islam Diponegoro Surakarta.&#xD; Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis penelitian lapangan, dalam penelitian ini peneliti diharuskan melakukan pengamatan langsung di lapangan. subjek pada penelitian ini adalah guru al-Qur&#x2019;an. Metode wawancara digunakan untuk mencatat percakapan atau jawaban dari informan baik dari guru al-Qur&#x2019;an, koordinator, siswa maupun kepala sekolah. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang nama guru, jumlah siswa, pembagian kelompok Ummi, nilai pembelajaran al-Qur&#x2019;an (nilai harian, UTS dan UAS), dan sarana fisik serta situasi pelaksanaan metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur&#x2019;an. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang implementasi guru dalam pembelajaran al-Qur&#x2019;an dengan metode Ummi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang keterampilan siswa dalam membaca al-Qur&#x2019;an.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, implementasi metode Ummi di SD Islam Diponegoro Surakarta dalam pembelajaran al-Qur&#x2019;an meliputi 3 tahapan pembelajaran, yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian. Sedangkan efektivitas metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur&#x2019;an sangat baik/efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca al-Qur&#x2019;an. Siswa lebih terampil dalam membaca al-Qur&#x2019;an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, makhorijul khuruf, serta dengan irama yang khas.&#xD; &#xD; Kata kunci: metode Ummi, implementasi, evektivitas.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/12541/1/Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/12541/2/BabI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/12541/3/BabII.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/12541/4/BabIII.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/12541/5/BabIV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/12541/6/BabV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/12541/7/Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/12541/8/Daftar_pustaka.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/12541/9/Daftarisi.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/12541/10/Lampiran.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unissula.ac.id/12541/11/Pernyataan_publikasi.pdf</identifier><identifier> MALIKAH, MALIKAH (2018) EFEKTIVITAS METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR&#x2019;AN (Studi Kasus di SD Islam Diponegoro Surakarta). Masters thesis, Fakultas Agama Islam. </identifier><recordID>12541</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Thesis:Bachelors
author MALIKAH, MALIKAH
title EFEKTIVITAS METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus di SD Islam Diponegoro Surakarta)
publishDate 2018
topic BL Religion
url http://repository.unissula.ac.id/12541/1/Abstrak.pdf
http://repository.unissula.ac.id/12541/2/BabI.pdf
http://repository.unissula.ac.id/12541/3/BabII.pdf
http://repository.unissula.ac.id/12541/4/BabIII.pdf
http://repository.unissula.ac.id/12541/5/BabIV.pdf
http://repository.unissula.ac.id/12541/6/BabV.pdf
http://repository.unissula.ac.id/12541/7/Cover.pdf
http://repository.unissula.ac.id/12541/8/Daftar_pustaka.pdf
http://repository.unissula.ac.id/12541/9/Daftarisi.pdf
http://repository.unissula.ac.id/12541/10/Lampiran.pdf
http://repository.unissula.ac.id/12541/11/Pernyataan_publikasi.pdf
http://repository.unissula.ac.id/12541/
contents Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode Ummi dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di SD Islam Diponegoro Surakarta. Serta efektivitas metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca peserta didik di sekolah tersebut. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan implementasi metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur’an di SD Islam Diponegoro Surakarta dan menggambarkan efektivitas penerapan metode Ummi dalam meningkatkan keterampilan membaca al-Qur’an siswa di SD Islam Diponegoro Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis penelitian lapangan, dalam penelitian ini peneliti diharuskan melakukan pengamatan langsung di lapangan. subjek pada penelitian ini adalah guru al-Qur’an. Metode wawancara digunakan untuk mencatat percakapan atau jawaban dari informan baik dari guru al-Qur’an, koordinator, siswa maupun kepala sekolah. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang nama guru, jumlah siswa, pembagian kelompok Ummi, nilai pembelajaran al-Qur’an (nilai harian, UTS dan UAS), dan sarana fisik serta situasi pelaksanaan metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur’an. Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang implementasi guru dalam pembelajaran al-Qur’an dengan metode Ummi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang keterampilan siswa dalam membaca al-Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, implementasi metode Ummi di SD Islam Diponegoro Surakarta dalam pembelajaran al-Qur’an meliputi 3 tahapan pembelajaran, yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penilaian. Sedangkan efektivitas metode Ummi dalam pembelajaran al-Qur’an sangat baik/efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca al-Qur’an. Siswa lebih terampil dalam membaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, makhorijul khuruf, serta dengan irama yang khas. Kata kunci: metode Ummi, implementasi, evektivitas.
id IOS15607.12541
institution Universitas Islam Sultan Agung
institution_id 178
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Sultan Agung
library_id 514
collection PENGUKURAN TINGKAT ECO EFFISIENSI PADA IKM TAHU (Studi Kasus : IKM TAHU PAK TASMIN PATI)
repository_id 15607
city KOTA SEMARANG
province JAWA TENGAH
repoId IOS15607
first_indexed 2021-05-28T04:34:31Z
last_indexed 2021-05-28T04:34:31Z
recordtype dc
_version_ 1700977808837181440
score 17.538404