Daftar Isi:
  • Iklan televisi mempunyai jangkauan yang luas dan diharapkan dapat membuat masyarakat terterpa informasi dari adanya iklan tersebut. Pada kenyataannya tingkat kesadaran dan minat beli masyarakat terhadap sampo Clear masih kalah dengan produk sampo lain yang melakukan belanja iklan dibawah sampo Clear. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan televisi sampo Clearmelalui kesadaran merek terhadap minat beli pada masyarakat kota Semarang. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori hierarchy of effect dan teori strong advertising. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner pada 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dengan analisis data menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS 21 dan teknik pengujian data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas dan analisis regresi dengan variabel intervening atau analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengujian semua item kuesioner dinyatakan valid yakni r hitung > r tabel (0,195), reliabel yakni r hitung > nilai standarisasi yang telah ditentukan sebesar 0.700, persebaran data normal, serta memiliki hubungan yang linear. Kemudian untuk hasil analisis regresi dengan variabel intervening atau analisis jalur didapat bahwa nilai signifikansi terpaan iklan dengan tingkat kesadaran 0,000<0,05, nilai R Square 0,492. Terpaan iklan dengan minat beli 0,075 dan tingkat kesadaran terhadap minat beli 0,009 dengan nilai R Square terpaan iklan dan tingkat kesadaran terhadap minat beli 0,257. Pengaruh langsung terpaan iklan terhadap minat beli adalah 0,223, dan pengaruh tidak langsung yang diberikan terpaan iklan terhadap minat beli adalah sebesar 0,160. Pada analisis teori hierarchy of effect iklan dikatakan sudah mampu menembus tingkat recognition, recall, knowladge, dan value namun belum sepenuhnya menembus tingkat liking, preference, conviction, serta purchase. Artinya terpaan iklan memiliki pengaruh yang kuat dan signifikan terhadap tingkat kesadaran. Sedangkan pada analisis terpaan iklan terhadap minat beli mempunyai pengaruh yang kecil, dan untuk analisis terpaan iklan terhadap minat beli melalui tingkat kesadaran dinyatakan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan atau mempunyai pengaruh yang kecil.