PENGARUH INTENSITAS IKLAN LAYANAN MASYARAKAT KELUARGA BERENCANA VERSI “MEMILIH HIDUP BAHAGIA SESUAI PILIHANKU” DI TELEVISI DAN TINGKAT PENGETAHUAN TERHADAP SIKAP MASYARAKAT DI KECAMATAN PEDURUNGAN
Daftar Isi:
- Pengaruh teknologi Informasi di Indonesia telah melesat sangat cepat beberapa tahun terakhir ini, Salah satunya adalah Komunikasi Massa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1.) Bagaimana pengaruh intensitas iklan layanan masyarakat KB versi “memilih hidup bahagia sesuai pilihanku” di televisi terhadap tingkat pengetahuan masyarakat kecamatan pedurungan. 2.) Bagaimana pengaruh tingkat pengetahuan iklan KB layanan masyarakat versi “memilih hidup bahagia sesuai pilihanku” di televisi terhadap sikap masyarakat kecamatan pedurungan. Maka dari itu penelitian bertujuan untuk 1) Menganalisis apakah ada hubungan antara intesitaas iklan terhadap sikap masyarakat. 2) Apakah ada hubungan antara tingkat pengetahuan terhadap sikap masyarakat. Penelitian ini menggunakan teori S-O-R dan jarum suntik (hypodermic). Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah survei korelasional dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 100 orang masyarakat pedurungan, dengan menggunakan explanatori researc. Teknik analisis ang di gunakan dalam penelitian ini adalah korelasi pearson product monent. Penelitian ini menunjukan bahwa intensitas iklan berpengaruh signifikan terhadap sikap masyarakat. Kekuatan pengaruh antara intesitas iklan dengan sikap masyarakat adalah sebesar 0,643, sedangkan kekuatan pengaruh antara tingkat pengetahuan dengan sikap masyarakat adalah sebesar 0,576. Kedua pengaruh tersebut masuk kategori rendah. Sedangkan arah kedua pengaruh tersebut adalah linear. Hasil dari nilai sig (2-tailet) menunjukan angka probabilitas 0,000 dan 0,000 keduanya < 0,05 maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh signifikan dan lenear antara intensitas iklan dan tingkat pengetahuan terhadap sikap masyarakat. Kata kunci: intensitas iklan, tingkat pengetahuan, sikap masyarakat