PERAN EFIKASI DIRI DAN ORIENTASI TUJUAN PERFORMANSI TERHADAP PERILAKU MENYONTEK SISWA SMA N 11 SEMARANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran efikasi diri dan orientasi tujuan performansi terhadap perilaku menyontek siswa SMA N 11 Semarang. Populasi terdiri dari siswa kelas X dan XI dengan jumlah sampel 203 diambil dari sebagian populasi. Metode pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Alat ukur dalam penelitian ini yaitu skala perilaku menyontek berisi 40 aitem memiliki koefisien reliabilitas = 0,865 dengan indeks daya beda aitem bergerak antara 0,303 - 0,547. Skala efikasi diri berisi 30 aitem memiliki koefisien reliabilitas = 0,869 dengan indeks daya beda aitem bergerak antara 0,310 - 0,577. Skala orientasi tujuan performansi berisi 16 aitem memiliki koefisien reliabilitas = 0,727 dengan indeks daya beda aitem bergerak antara 0,301 - 0,542. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan ada peran efikasi diri dan orientasi tujuan performansi dengan perilaku menyontek pada siswa, dengan perolehan skor R = 0,387 dan Fhitung = 17,646, p = 0,000 (p<0,01). Hasil uji korelasi parsial antara efikasi diri dengan perilaku menyontek diperoleh skor rx1y = 0,244, p = 0,000 (p<0,01). Hasil menunjukkan ada hubungan positif signifikan antara efikasi diri dengan perilaku menyontek, artinya hipotesis kedua ditolak. Hasil uji korelasi parsial antara orientasi tujuan performansi dengan perilaku menyontek diperoleh skor rx2y = 0,227, p = 0,001 (p<0,01). Hasil menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara orientasi tujuan performansi dengan perilaku menyontek, artinya hipotesis diterima. Kata kunci: Perilaku Menyontek, efikasi diri, orientasi tujuan performansi