Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara orientasi nilai budaya dengan sense of place warga di kampung asli Semarang (kampung Purwodinatan). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dilakukan pada 126 warga di kampung Purwodinatan dengan cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan dua skala yaitu skala orientasi nilai budaya dan skala sense of place. Skala sense of place berjumlah 23 aitem dengan rentang daya beda 0,268-0,733 dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,914. Skala orientasi nilai budaya berjumlah 11 aitem dengan rentang daya beda 0,297-0,429 dengan koefisien reliabiitas sebesar 0,591. Teknik analisis data yang digunakan yaitu product moment dibantu program spss versi 22. Hasil analisis hipotesis yang dilakukan diperoleh nilai korelasi rxy = 0,339 dengan taraf signifikansi p = 0,000 (p<0,01). Hasil tersebut menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara variabel orientasi nilai budaya dengan sense of place. Kata kunci : orientasi nilai budaya, sense of place