HUBUNGAN ANTARA KECEMASAN AKADEMIS DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan akademis dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa tahun pertama Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini menggunakan metode cluster random sampling sebagai teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode kuantitatif dalam pengambilan sampel. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa tahun pertama Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 subjek. Pada penelitian ini, alat yang digunakan untuk mengambil data yakni berupa skala yang terdiri dari 2 skala, yakni skala kecemasan akademis dan skala regulasi diri dalam belajar. Skala kecemasan akademis disusun berdasakan 4 (empat) aspek, yakni psikologis, kognitif, somatik dan motorik. Skala kecemasan akademis terdiri dari 33 aitem yang memiliki koefisiensi reliabilitas 0.913 dengan indeks daya beda aitem yang bergerak dari 0,328-0,689. Skala regulasi diri dalam belajar disusun berdasarkan 5 komponen yakni efikasi diri akademis, nilai atau minat intrinsic, kecemasan terhadap hasil ujian, strategi kognitif yang digunakan dan regulasi metakognitif. Skala regulasi diri dalam belajar terdiri dari 37 aitem dengan koefisiensi reliabilitas 0. 902, indeksi daya beda skala ini bergerak dari 0,302-0,620. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada hubungan yang tidak signifikan antara kecemasan akademis dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa tahun pertama Universitas Islam Sultan Agung (rxy = 0,105 dengan p = 0,201). Kata Kunci : Kecemasan Akademis, Regulasi Diri Dalam Belajar