HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP PENALARAN MORAL PADA REMAJA SMA AL-FATTAH
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh demokratis dengan penalaran moral pada remaja SMA Al-Fattah. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Al-Fattah yang berjumlah 130 siswa. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu studi populasi. Metode pengumpulan data menggunakan DIT (defining issues test) untuk skala penalaran moral dan skala pola asuh demokratis. Skala DIT (defining issues test) memiliki reliabilitas yang dilakukan dengan cara test-retest dengan skor 0,92 yang diadaptsi dari James Rest, sedangkan pola asuh demokratis memiliki 40 aitem pernyataan dengan koefisiensi korelasi skor aitem bergerak dari 0,253-0,548 dengan reliabilitas 0,715. Uji hipotesis menggunakan teknis analisis product moment. Hasil uji hipotesis menunjukkan tidak ada hubungan antara pola asuh demokratis dengan penalaran moral pada remaja SMA Al-Fattah, yaitu diketahui rxy = 0,084 dengan taraf signifikansi sebesar 0.460 (p>0,01), sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini ditolak yaitu bahwa tidak ada hubungan antara pola asuh demokratis dengan penalaran moral pada remaja SMA Al-Fattah. Kata Kunci : Pola Asuh Demokratis, Penalaran Moral