HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Variabel tergantung pada penelitian ini adalah prokrastinasi akademik, dan variabel bebas pada penelitian ini adalah regulasi diri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan dilakukan pada 151 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung. Metode pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengambilan data dilakukan menggunakan dua skala, yaitu skala prokrastinasi akademik dan skala regulasi diri. Skala prokrastinasi akademik terdiri dari 25 aitem pernyataan dengan koefisien korelasi skor aitem total adalah 0,318 - 0,657 dan reliabilitas adalah 0,900. Skala regulasi diri terdiri dari 31 aitem pernyataan dengan koefisien korelasi skor aitem total adalah 0,303 – 0,631 dan reliabilitas adalah 0,907. Uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang, dengan rxy = -0,581 dan taraf signifikansi p = 0,000 (p < 0,01). Regulasi diri memberikan sumbangan efektif sebesar 33,7%, dan selebihnya prokrastinasi akademik dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini. Kata kunci : Prokrastinasi Akademik, Regulasi Diri