Daftar Isi:
  • Pondasi adalah salah satu bagian dari struktur bangunan yang berfungsi menyalurkan beban struktur atas ke tanah. Pada proyek pembanguan jembatan kali putih jalan tol salatiga-boyolali seksi 4, digunakan pondasi bored pile, pada tugas akhir ini penulis merencanakan pondasi tiang pancang dan membandingkan dengan pondasi bored pile dari segi kapasitas daya dukung dan besarnya penurunan. Dalam melakukan analisis digunakan data skunder yaitu gambar teknik, data Standart Penetration Test (SPT) dan data borlog. Tahap analisis awal ialah pemodelan dengan program SAP 2000 v1.4. untuk mendapatkan besarnya beban yang harus disalurkan pondasi ke tanah. Kemudian dilakukan perhitungan daya dukung pondasi dengan metode Mayerhoff, Penurunan tiang tunggal dengan metode Poulus dan Davis serta menggunakan Program Plaxis. Selanjutnya hasil perhitungan dibandingkan antara pondasi bored pile dengan tiang pancang. Berdasarkan hasil perhitungan daya dukung dengan cara analitis dan Program Plaxis. Pondasi Bored pile diameter 1,5 m kedalaman 18 m Qult= 1108,640 ton, sedangkan hasil plaxis 1257,080 ton. Untuk pondasi tiang pancang diameter 0,6 m kedalaman 26 m Qult= 1301,718 ton, sedangkan hasil plaxis 1366,380 ton. Untuk besarnya Penurunan pondasi bored pile sebesar 13,193 mm sedangkan penurunan hasil program plaxis sebesar 20,070 mm. Untuk pondasi tiang pancang didapat penurunan sebesar 18,593 mm. sedang kan hasil analisis dengan program plaxis sebesar 27,593 mm. Kata Kunci : Daya Dukung, Penurunan, Pondasi, Bored Pile,Tiang Pancang