Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan antara stress kerja dan burnout pada pada guru sekolah dasar reguler dan guru sekolah dasar luar biasa bagian B dan C Stres kerja adalah suatu kondisi perasaan yang dialami guru yang disebabkan adanya situasi, tindakan, maupun peristiwa yang menekan yang penyebabnya berasal dari lingkungan, organisasi dan keadaan individu itu sendiri dan burnout adalah suatu kondisi emosional yang terjadi ketika individu merasa lelah dan jenuh secara psikis maupun fisik sebagai dampak tuntutan pekerjaan yang tinggi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu Ada perbedaan stres kerja dan burnout pada guru sekolah dasar regular dan guru sekolah dasar luar biasa bagian B dan C. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 43 guru pada sekolah dasar reguler dan 43 guru sekolah dasar luar biasa bagian B dan C. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik kuota sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis manova. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan stres kerja yang signifikan antara guru sekolah dasar regular dan guru sekolah dasar luar biasa bagian B dan C di Kota Semarang, F = 5,616 dan p = 0,020 (p<0,05). Selanjutnya, ada perbedaan burnout yang signifikan antara guru sekolah dasar regular dan guru sekolah dasar luar biasa bagian B dan C di Kota Semarang, F = 6,194 dan p = 0,015 (p<0,05). Kata Kunci: Stres Kerja, Burnout, Guru Sekolah Dasar Reguler, Guru Sekolah Dasar Luar Biasa Bagian B dan C.