THE EFFECTIVENESS OF USING SCRABBLE GAME TO IMPROVE VOCABULARY (A Quasi Experimental Research of the Eighth Grade Studentsof SMP Negeri 5 Pati in the Academic Yearof2014/2015)
Main Author: | Aristyaningsih, Ema |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unissula.ac.id/1147/1/Cover.pdf http://repository.unissula.ac.id/1147/2/Abstrak.pdf http://repository.unissula.ac.id/1147/3/Daftar%20Isi.pdf http://repository.unissula.ac.id/1147/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.unissula.ac.id/1147/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini tentang efektifitas penggunaan permainan scrabble untuk meningkatkan kosakata siswa kelas 8 SMP Negeri 5 Pati tahun ajaran 2014/2015. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan berikut ini; Apakah penggunaan permainan Scrabble efektif untuk meningkatkan kosakata siswa kelas 8 SMP Negeri 5 Pati tahun ajaran 2014/2015?.Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, penulis melakukan penelitian quasi eksperimental.Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII-B dan siswa kelas VIII-C. Mereka adalah 34 siswa kelas VIII-B sebagai kelas eksperimental dan 33 siswa kelas VIII-C sebagai kelas control. Penelitian ini menggunakan desain non-equivalent control group dari penelitian quasi eksperimental.Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelompok; kelompok eksperimental yang diajar menggunakan permainan Scrabble dan kelompok kontrol yang diajar tanpa menggunakan permainan Scrabble.Metode pungumpulan data yang digunakan adalah tes.Ada dua jenis test; pre-test dan post-test, keduanya menggunakan soal dalam format pilihan ganda.30 pertanyaan pilihan ganda digunakan untuk mendapatkan tes yang valid dan reliabel.Dengan demikian, 25 pertanyaan valid dan reliabel digunakan untuk pre-test dan 25 pertanyaan yang valid dan reliabel untuk post-test.Kemudian, semua data dianalisa menggunakan t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pre-test dari kelompok eksperimental adalah 57.76 dan kelompok kontrol adalah 59,39. Sedangkan rata-rata hasil post-test dari kelompok eksperimental adalah 74,18 dan kelompok kontrol adalah 69,21. Hasil dari t-tes adalah 3.569, dimana t-tabel 1.669dengan a = 5%. Skor dari t-tes lebih tinggi dibandingkan dengan t-tabel (3.569>1.669).Hal tersebut menyatakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil dari keefektifan penggunaan permainan scrabble untuk meningkatkan kosakata siswa kelas 8 dapat membawa peningkatan positif untuk pencapaian kosakata siswa. Kata kunci: PermainanScrabble, meningkatkan, kosakata