PROFESIONALISME GURU DITINJAU DARI TINGKAT PENDIDIKAN DAN KREATIVITAS GURU DALAM PENGALAMAN MENGAJAR DI SD NEGERI GENUKSARI 02
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah analisis. Sampel yang digunakan adalah Purposive Sample, dimana sampel diambil berdasarkan rekomendasi dari orang yang dianggap ahli. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I s/d VI yang berjumlah 12 guru. Instrumen yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik reduksi, penyajian data, dan conclusion drawing. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan analisis data hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan dapat dijadikan patokan dalam keprofesionalan guru karena tingkat pendidikan menunjang keprofesionalan seorang guru, akan tetapi tidak dominan. Sedangkan untuk kreativitas guru dalam pengalaman mengajar dapat dijadikan patokan yang dominan terhadap profesionalisme guru. Artinya, bahwa tingkat pendidikan dan kreativitas dalam mengajar memiliki keterkaitan dengan profesionalisme guru karena keduanya menunjang dalam profesionalisme guru dengan perannya masing-masing. Keywords : tingkat pendidikan, kreativitas mengajar, dan profesionalisme guru