PENGARUH SIKAP PERCAYA DIRI DALAM METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS III SEKOLAH DASAR
Daftar Isi:
- Prestasi belajar siswa secara umum masih rendah, diperlukan upaya untuk memperbaiki prestasi belajar tersebut. Desain dalam penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh sikap percaya diri dalam metode demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar siswa menggunakan metode demonstrasi dan metode ceramah kelas III SDN Sembungharjo 01. Hasil analisis data akhir diperoleh kesimpulan bahwa: (1) sikap percaya diri dalam metode demonstrasi mempengaruhi prestasi belajar siswa dengan nilai a sebesar 41,922, nilai b sebesar 0,427. Persamaan regresi dalam penelitian ini yaitu Y = 41,922 + 0,427 x, (2) prestasi belajar siswa menggunakan metode demonstrasi lebih baik daripada prestasi belajar siswa menggunakan metode ceramah dengan nilai P-value sebesar 0,009. Karena P-value < Alpha yaitu 0,009 < 0,05 maka Ha diterima. Kata Kunci : Pengaruh, Sikap Percaya Diri, Metode Demonstrasi