Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Scrambleterhadap minat dan prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Gebangsari 01 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tehnik analisis data yang digunakan berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Sedangkan Uji Prasyarat terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji beda rata-rata, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata minat siswa kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol. Pada kondisi akhir rata-rata minat siswa kelas eksperimen yaitu 50,42 dan kelas kontrol yaitu 48,37. Sedangkan prestasi belajar siswa dapat dibuktikan dengan hasil analisis data dimana diperoleh nilai 0,002 < 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak atau Ha diterima. Hal ini dapat dilihat melalui perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen