Daftar Isi:
  • Penelitian dilaksanakan supaya meningkatkan minat dan keterampilan menulis karangan narasi yang dinilai masih kurang di kelas V SDN Winduaji 01 melalui model pembelajaran CIRC. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas, terdiri dari II siklus I siklus dilakukan 2 kali pertemuan dengan subjek kelas V SDN Winduaji 01 tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 20 siswa, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Peningkatan minat dari siklus I yaitu 68% dengan kategori baik, kemudian dilanjutkan dengan siklus II yaitu 96% hal ini menunjukan adanya peningkatan minat belajar menjadi sangat baik. Kemudian pada prestasi belajar dimana pada siklus I mencapai 45% lalu dilanjutkan dengan siklus II memperoleh 80% hal ini menunjukan adanya kenaikan siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan maka disimpulan model CIRC dapat meningkatkan minat belajar dan keterampilan menulis karangan narasi di kelas V SDN Winduaji 01. Kata Kunci : minat belajar, keterampilan menulis, model pembelajaran CIRC