PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALLY BERBANTUAN MEDIA VISUAL DI KELAS V SD NEGERI GENUKSARI 02
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually berbantuan media visual di kelas V SDN Genuksari 02. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 38 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar dalam setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh persentase dengan ketuntasan klasikal 73,68% dan pada siklus I kriteria minat belajar siswa belum memenuhi indikator pencapaian. Pada siklus II meningkat mencapai kriteria minat belajar sangat baik dengan persentase klasikal 94,73%. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa dilihat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan nilai rata-rata 70 dengan persentase ketuntasan kelas 73%, meningkat ke siklus II dengan nilai rata-rata 82 dan persentase ketuntasan kelas 89%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually dengan berbantuan media visual dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar IPS kelas V SDN Genuksari 02. Kata Kunci: Minat Belajar, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually