Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: Meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar mata pelajaran IPS melalui model Student Facilitator and Explaining berbantuan media visual di kelas VI SDN Tambakrejo 02, Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksnaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Tambakrejo 02 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan observasi. Adanya peningkatan tanggung jawab belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan aspek prestasi belajar pada setiap siklusnya. Tanggung jawab belajar siswa pada siklus I sebanyak 87,6% dengan kriteria tanggung jawab belajar siswa sangat baik dan pada siklus II meningkat menjadi 88,6% dengan kriteria tanggung jawab belajar siswa sangat baik. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I dengan presentase ketuntasan kelas 23,5%. Pada siklus II dengan presentase ketuntasan kelas 82,3%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa model Student Facilitator and Explaining berbantuan media visual dapat meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar di kelas VI SDN Tambakrejo 02. Kata Kunci : Tanggung Jawab, Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Media Visual