Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap kreatif dan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan tirai pecahan di kelas V SDN Karasgede 01 Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Karasgede 01 Lasem yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes evaluasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kreatif siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 61% dan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 85%. Sedangkan hasil penelitian terhadap kemampuan pemecahan masalah pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan sebesar 31,42% dengan nilai rata-rata 59,14 dan pada siklus II memperoleh persentase ketuntasan sebesar 94,28% dengan nilai rata-rata 85,14. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan sikap kreatif dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas V SDN Karasgede 01 Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Kata Kunci : Sikap Kreatif Siswa, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation