PENGARUH MODEL TIME TOKEN ARENDS TERHADAP KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI KELAS IV SDN KALISARI 1 DEMAK
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model Time Token Arends terhadap kreativitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SDN Kalisari 1 Demak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Tehnik analisis data yang digunakan berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Sedangkan Uji Prasyarat terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji beda rata-rata, uji linearitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kreativitas siswa kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol. Pada kondisi akhir rata-rata kreativitas siswa kelas eksperimen yaitu 93,69 dan kelas kontrol yaitu 91,36. Sedangkan prestasi belajar siswa dapat dibuktikan dengan hasil analisis data dimana diperoleh nilai 0,025 < 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak atau Ha diterima. Hal ini dapat dilihat melalui perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen