Daftar Isi:
  • Penelitian dilaksanakan supaya meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS yang dinilai masih kurang di kelas VI SD Muktiharjo Lor dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas, terdiri dari II siklus I siklus dilakukan 2 kali pertemuan dengan subjek kelas VI SD SD Muktiharjo Lor tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 25 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Peningkatan motivasi dari siklus I yaitu 68% dengan kategori baik, kemudian dilanjutkan dengan siklus II yaitu 96% hal ini menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar menjadi sangat baik. Kemudian pada prestasi belajar dimana pada siklus I mencapai 52% lalu dilanjutkan dengan siklus II memperoleh 96% hal ini menunjukan adanya kenaikan siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan maka disimpulan model Numbered Head Together dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar di kelas VI SD Muktiharjo Lor. Kata Kunci : motivasi belajar, prestasi belajar, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together