MODEL PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA MELALUI KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN ORIENTASI BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji antara variabel kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan orientasi belajar terhadap kinerja SDM di sebuah organisasi. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan 131 orang sebagai responden. Pengumpulan data dengan cara menyebar kuesioner dan wawancara. Analisys data menggunakan software SPSS 19 dengan uji regresi untuk mengetahui besar pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen, variabel independen terhadap variabel intervening dan variabel intervening terhadap variabel independen. Menunjukkan bahwa kinerja SDM dapat ditingkatkan dengan meningkatkan intensitas orientasi belajar, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual. Orientasi belajar berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja SDM. Sedangkan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja SDM. Jadi dalam penelitian ini kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan orientasi belajar berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja SDM. Kata kunci : kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, orientasi belajar, kinerja SDM