PENGARUH LINGKUNGAN FISIK DAN LINGKUNGAN AKADEMIS SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN DI SD NEGERI 1 KRASAK PECANGAAN JEPARA TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan fisik dan lingkungan akademis sekolah terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran pkn di sd negeri 1 krasak pecangaan jepara tahun 2016/2017. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 1 Krasak Pecangaan Jepara sebanyak 127 siswa dan memakai analisis data regresi sederhana dan regresi linier berganda.Hasil dari penelitian ini adalah Pada variabel lingkungan fisik diperoleh nilai signifikan sebesar 0.002< 0.05. Ini berarti variabel lingkungan fisik secara statistik berpengaruh positif signifikanterhadap prestasi belajar siswa.Pada variabel lingkungan akademis diperoleh nilai signifikan sebesar 0.011< 0.05. Ini berarti variabel lingkungan akademis secara statistik berpengaruh positif signifikanterhadap prestasi belajar siswa.Secara bersama-sama lingkungan sekolah yang berupa lingkungan fisik dan lingkungan akademis berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Kata Kunci : Lingkungan fisik, lingkungan akademis dan prestasi belajar PKn siswa