ANALISIS MINAT BELI KONSUMEN MELALUI SITUS TRAVELOKA.COM
Daftar Isi:
- Persaingan bisnis agen perjalanan semakin ketat karena adanya perkembangan teknologi dan kemajuan ilmu pengetahuan dari masa ke masa. Perusahaan harus selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen dengan cara mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen seperti persepsi kemudahan penggunaan yang dapat digunakan konsumen dengan mudah, kepercayaan yang baik, persepsi risiko dan gender antara perempuan dan laki-laki mempunyai persepsi risiko yang berbeda dalam pembelian online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, persepsi risiko dan gender yang memoderasi pengaruh persepsi risiko terhadap minat beli Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Aktif Universitas Islam Sultan Agung Semarang angkatan 2014 sampai angkatan 2016 yang jumlahnya 9.280 orang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Alat analisis yang digunakan analisis regresi moderating dan pengujian hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan ; (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat beli, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kepercayaan terhadap minat beli, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi risiko terhadap minat beli, (4) Terdapat pengaruh yang signifikan faktor gender mampu memoderasi persepsi risiko terhadap minat beli. Kata Kunci: Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Persepsi Risiko, Gender, Minat Beli