THE USE OF ROLE-PLAY TO IMPROVE THE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY IN ENGLISH SPEAKING CLASS (The Case of the Tenth Grade Students of SMA Walisongo Semarang in the Academic Year of 2013/2014)

Main Author: Fuad, Anis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unissula.ac.id/1121/1/Cover.pdf
http://repository.unissula.ac.id/1121/2/Abstrak.pdf
http://repository.unissula.ac.id/1121/3/Daftar%20Isi.pdf
http://repository.unissula.ac.id/1121/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unissula.ac.id/1121/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah tentang penggunaan Role-Play untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam speaking.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan Role-Play dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan mereka dalam berbicara. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Walisongo tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah sebanyak 48 siswa. Non-equivalent groups pretest- posttest design digunakan dalam penelitian ini. 2 kelas digunakan sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui tes tertulis. Yaitu pre-test, treatment dan post-test. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test di kelas percobaan adalah 46,96 dan di kelas kontro48,75. setelah diberikan perlakuan selama lima pertemuan nilai rata-rata post-test dikelas percobaan adalah 73,50 dan di kelas control 60,12. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara keduanya. Di dukung oleh hasil analisis t-test antara pre-test dan postest dikelas percobaan bahwa sig(2-tailed) 0.000 < 0.05. Berarti bahwa penggunaan role-play lebih baik daripada metode biasanya. Dan juga hasil perbandingan post-test antara kelas percobaan dan kelas kontrol bahwa sig(2- tailed) 0.000 < 0.05. Dapat disimpulkan bahwa H1 dapat diterima. Sehingga, penggunaan role-play dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan mereka dalam kemampuan berbicara. Kata kunci: Role-Play, Speaking, Students’ Speaking Ability.