PENGARUH PROMOSI, KUALITAS PRODUK, KUALITAS LAYANAN DAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS PELANGGAN PADA BANK MANDIRI DAERAH KALI GAWE SEMARANG
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh promosi, kualitas produk, kualitas layanan, komunikasi dan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening terhadap loyalitas pelanggan pada bank mandiri daerah kali gawesemarang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menabung di bank mandiri kali gawe di Semarang, adapun sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik accidental sampling yang artinya pengambilan sampel dengan cara memilih individu yang dapat dijangkau atau ditemui pada nasabah yang menabung di bank mandiri daerah kali gawe. Jenis data yang dipergunakan adalah data primer, dengan menggunakan metode pengumpulan data kuesioner. Alat analisis yang dipergunakan adalah path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi, kualitas produk, kualitas layanan, komunikasi pemasaran dan kepuasan pelangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kata kunci : Promosi, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Komunikasi Pemasaran, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan.