THE EFFECTIVENESS OF USING BARNEY′S SONGS TO TEACH VOCABULARY TO YOUNG LEARNERS (A Case of Sun Flower 1 Class of Melati Playgroup of UPTD SKB Susukan in the Academic Year of 2012/2013)

Main Author: Laeliyah, Masrifatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book Bachelors
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.unissula.ac.id/1117/1/Cover.pdf
http://repository.unissula.ac.id/1117/2/Abstrak.pdf
http://repository.unissula.ac.id/1117/3/Daftar%20Isi.pdf
http://repository.unissula.ac.id/1117/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.unissula.ac.id/1117/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari studi ini adalah untuk menemukan apakah penggunaan lagu-lagu Barney untuk mengajar kosakata pada anak-anak UPTD SKB PAUD Melati Susukan kabupaten Semarang lebih efektif dari metode-metode lainnya atau tidak. Metode dari penelitian ini adalah Quasi eksperimental karena penulis tidak menggunakan metode acak saat menentukan sampel. Sampel dari penelitian ini terdiri dari 11 siswa kelas Sun Flower 1 dan 11 siswa kelas Sun Flower 2 PAUD Melati Susukan. Penulis memberikan pre test dan post test kepada kelompok kontrol dan kelompok eksperimental untuk memperoleh data. Penulis menggunakan program aplikasi SPSS v.16.0 untuk menganalisis data. Penulis menggunaka tiga tahap dalam penelitian, yaitu: pre test, tindakan, dan post test. Hasil pre test and post test kelompok eksperimental adalah 73.1818 dan 88.6364. sedangkan hasil pre test dan post test kelompok kontrol adalah 70.9091 dan 87.2727. Hasil analisis menunjukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimental. Hal ini dapat dilihat dari hasil sig (2 tailed) 0.276 > 0.05. Dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak. Jadi penggunaan lagu-lagu Barney dalam mengajar kosakata terhadap siswa PAUD Melati Susukan tidak lebih efektif dari metode lainnya. Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini, Lagu Barney, Kosakata