Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk perilaku pembelajar muda terhadap pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V dan siswa kelas VI angkatan 2017/2018 dengan jumlah sample yaitu 70 siswa, terdiri dari 32 siswa kelas VA dan 38 siswa kelas VI. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan convenience sampling untuk menentukan sample penelitian. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dan perilaku pembelajar muda sebagai variabel terikat. Peneliti menggunakan observasi dan angket tertutup (close-ended questionnaire) untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajar muda menunjukkan perilaku posotif terhadap pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing seperti memperhatikan penjelasan guru, mencatat dan membaca materi pelajaran, secara aktif dan berani bertanya kepada guru, dan membuat daftar kosa kata untuk dihafalkan. Kata Kunci: Pengajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing, Perilaku, Pembelajar Muda.