THE CORRELATION BETWEEN ENGLISH LEARNING ANXIETY AND SPEAKING PROFICIENCY OF EFL LEARNERS (A Correlational Study of the Eleventh Grade Students of SMA Negeri 2 Demak in the Academic year 2017/2018)
Daftar Isi:
- Penelitian ini tentang hubungan korelasi antara kecemasan belajar Bahasa Inggris dan kecakapan berbicara siswa pembelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari hubungan korelasi antara kecemaan belajar Bahasa Inggris dan kecakapan berbicara dari siswa kelas sebelas di SMA N 2 Demak. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 7 di SMA N 2 Demak. Pola penelitian kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Instrumen-instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur kecemasan belajar Bahasa Inggris siswa menggunakan “English Learning Anxiety Scale (ELAS)” yang dikembangkan oleh Lee (2011) dan dialog untuk mengukur kecakapan berbicara siswa. Data diolah menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai r = -0.140 bahwa antara kecemasan belajar Bahasa Inggris dan kecakapan berbicara pada siswa kelas XI MIPA 7 berkorelasi negatif, yang masing-masing nilai rata-rata untuk ELAS adalah 107 dan 31,65 untuk kecakapan berbicara siswa. Siswa yang mendapat nilai lebih tinggi di dalam ELAS memiliki kecakapan berbicara rendah. Kata kunci : Kecemasan Belajar Bahasa Inggris, Kecakapan Berbicara, Studi Korelasi.