Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas hubungan antara penguasaan simple present tense dan kemampuan menulis siswa dalam teks deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penguasaan simple present tense dan kemampuan menulis siswa pada teks deskriptif siswa kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 30 siswa. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan tes. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan statistik Bivariate di SPSS 16. Hasilnya menunjukkan bahwa skor rata-rata simple present tense tes adalah 71,93. Skor rata-rata ini berada di level 70-79. Bisa dikatakan bahwa penguasaan simple present tense siswa itu bagus. Skor rata-rata tes penulisan adalah 67.27. Skor rata-rata ini berada di level 60-69. Jadi, dapat dikatakan bahwa kemampuan menulis siswa dalam teks deskriptif cukup baik. Sig (2-tailed) yaitu 0.001 lebih rendah dari pada tingkat signifikan pada 5% (<0,05). Kemudian, H1 yang menyatakan ada hubungan antara penguasaan tense present present dan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif yang diterima, dan H0 yang menyatakan tidak ada hubungan antara penguasaan simple present tense dan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif ditolak. Ini berarti ada hubungan yang cukup lemah antara penguasaan simple present tense dan kemampuan siswa dalam menulis teks deskriptif. Kata Kunci: Simple Present Tense, Kemampuan Menulis, Teks Deskriptif