Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan code mixing dan code switching dalam pengajaran bahasa Inggris dan pendapat guru dan siswa tentang penerapan code mixing dan code switching dalam pengajaran bahasa Inggris kepada siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 3 Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif sebagai rancangan penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang pada tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, kuesioner terbuka, dan wawancara semi terstruktur. Penelitian ini menggunakan validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan analisis induktif untuk menganalisa data. Ada dua poin yang disimpulkan berdasarkan hasil penelitian. Pertama, setelah melakukan penelitian dan analisis data, peneliti menemukan bahwa guru bahasa Inggris menerapkan code mixing dan code switching dalam pengajaran bahasa Inggris saat ia memberi instruksi dan pertanyaan yang berkaitan dengan materi kepada siswa. Code mixing dan code switching mencakup beberapa jenis. Jenis code mixing dan code switching yang digunakan oleh guru bahasa Inggris yaitu ekstrasentensial, intersentensial, dan intrasentensial. Ada dua faktor dalam menerapkan code mixing dan code switching dalam pengajaran bahasa Inggris yaitu faktor internal dan eksternal. Contohnya yaitu siswa lebih untuk menggunakan bahasa ibu ketika mereka tidak mengetahui arti kata bahasa Inggris serta dapat membantu siswa merespon pertanyaan dan instruksi guru bahasa Inggris dengan lebih cepat. Kedua, guru bahasa Inggris dan juga siswa memiliki pendapat potitif tentang penerapan code mixing dan code switching karena begitu banyak manfaat dari pengaplikasiannya dalam pengajaran. Dapat disimpulkan bahwa pengaplikasian code mixing dan code switching tergantung pada faktor internal dan eksternal. Kata kunci: Code Mixing, Code Switching, and Teaching English.