Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan skill dan tipe bertanya para guru selama proses belajar dan mengajar di sebuah SMA Negeri di Demak. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif sebagai rancangan penelitian. Subjek dari penelitian ini adalah dua guru bahasa Inggris di sebuah SMA Negeri di Demak pada tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah bservasi dan wawancara semi terstruktur. Pada yang sudah terkumpul pada observasi dan interview telah ditrasnkrib dan dianalisis menggunakan teori dari Burn (2010) untuk mengidentifikasi skil-skil dan tipe-tipe cara bertanya yang digunakan oleh guru selama proses belajar dan mengajar. Ada dua poin yang dapat disimpulkan berdasarkan pada hasil penelitian ini. Pertama, penemuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat skill dan empat tipe cara bertanya yang diaplikasikan oleh guru saat menjelaskan pelajaran. Kedua, berdasarkan persepsi guru mengenai cara bertanya, mereka mengatakan bahwa menggunakan startegi bertanya kepada didalam kelas sangatlah penting, karena guru tidak hanya menjelaskan pelajaran dan kemudian menyudahinya saat waktu sudah selesai, tetapi guru juga butuh untuk mengetahui sejauhmana murid memahami pelajaran dan itu dapat diketahui dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa startegi bertanya adalah bagian pokok pada proses belajar dan mengajar, disamping memberikan efek yang positif bagi siswanya. Kata-kata Kunci: Skil Bertanya, Tipe Bertanya, dan Proses Belajar dan Mengajar.