STRATEGI KREATIF TIM PRODUKSI DALAM PROGRAM TELEVISI MAMAH & AA BERAKSI DI INDOSIAR
Daftar Isi:
- Mamah & Aa Beraksi adalah program acara religi Islam yang tayang sejak Maret 2007 di stasiun televisi Indosiar. Mamah & Aa Beraksi disajikan dalam format talkshow yang menghadirkan narasumber perempuan dengan penyampaian tegas sesuai Al-qur’an dan Hadits diimbangi seorang host yang humoris.Bertahan selama lebih dari sepuluh tahun di pertelevisian Indonesia, tentu Mamah & Aa Beraksi mengalami berbagai macam tantangan dengan semakin ketatnya persaingan industri media dan mengharuskan tim produksi mempunyai strategi khusus untuk menanganinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kreatif yang diterapkan oleh tim Mamah & Aa Beraksi di Indosiar hingga saat ini tetap menjadi program acara religi Islam pilihan masyarakat Indonesia. Peneliti memilih model langkah produksi televisi oleh Herbert Zettl yang melalui empat tahapan yakni preproduction planning : from idea to script, preproduction planning : coordination, production : host critical observation, dan, postproduction activities. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kreatif tim produksi Mamah & Aa Beraksi yakni memilih dan menentukan ide program, model produksi effect-to-cause model, program proposal, budgeting, dan naskah. Selanjutnya dilakukan koordinasi terhadap sumber daya manusia, equipment, jadwal, perizinan dan promosi program sebelum dilakukan produksi dan yang terakhir adalah evaluasi dan juga pengarsipan. Berdasarkan penelitian ini peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa untuk membuat sebuah program acara religi Islam yang berkualitas dan tetap diminati masyarakat, penguatan konten yang inovatif dan sumber daya manusia kreatif baik itu dalam tim produksi maupun pengisi acaranya adalah hal yang paling penting mengingat sebuah program acara religi bukanlah program acara yang dipenuhi dengan gimmick. Dalam penelitian Strategi Kreatif Tim Produksi dalam Program Televisi Mamah & Aa Beraksi di Indosiar ini mempunyai keterbatasan penelitian yaitu sumber informasi hanya dari tim produksi Mamah & Aa Beraksi sehingga untuk penelitian selanjutnya dihimbau untuk dapat menggali informasi dari sumber yang lebih banyak lagi. Kata Kunci : Strategi Kreatif, Produksi televisi, Konten