Daftar Isi:
  • Berkenaan dengan peran dan strategi orangtua dalam pendidikan akidah anak, terdapat anak yang memiliki akidah dengan baik dan kurang baik. Hal ini lebih kepada faktor orangtua sebagai penentu kepribadian anak. Sehingga peran dan strategi orangtua diperlukan agar anak menjadi hamba yang bertakwa. Dalam pengumpulan data, penulis menempuh cara: pertama, observasi, merupakan kegiatan dengan mengunakan panca indra., kedua, wawancara tidak terstruktur adalah wawancara bebas di mana peneliti tidak mengunakan pedoman secara sistematik dan lengkap untuk mengumpulkan informasi dengan cara tanya jawab antara peneliti dengan informan, tujuannya adalah untuk memperoleh keterangan yang terinci dan mendalam mengenai pandangan orang lain., ketiga, dokumentasi diantaranya berupa foto dan dokumen., keempat, trianggulasi yaitu pengumpulan data yang bersifat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada. Hasil temuan menunjukkan bahwa, peran dan strategi orangtua dalam pendidikan akidah anak di MI Al Wathoniyah 01 Semarang sudah berjalan dengan baik, terbukti dengan dijalankannya metode pendidikan akidah yaitu: membuka kehidupan anak dengan kalimat tauhid, mengajarkan masalah halal dan haram, memerintahkan beribadah, mendidik untuk cinta Nabi, keluarganya, dan al-Quran. Metode pendidik anak yaitu: keteladanan, kebiasaan, nasihat, perhatian dan pengawasan, hukuman. Peran orangtua sangat mendukung pendidikan akidah anak, strategi yang diterapkan yaitu: teladan yang baik, pengarahan, adil, menunaikan hak anak, membelikan anak mainan, membantu anak berbakti, tidak suka marah. Hal itu di lakukan agar tecapainya pendidikan akidah pada anak. Kata Kunci :orangtua, peran orangtua, strategi orangtua, anak, pendidikan akidah anak.