Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multimedia dan bagaimana penerapan strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multimedia dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Mranggen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan penulis menggunakan metode tersebut adalah untuk memperoleh data secara jelas dan kongkret tentang penerapan pembelajaran Agama Islam yang berbasis multimedia di MTs Negeri Mranggen. Penelitian ini dilakukan pada kurun waktu bulan Februari sampai dengan bulan April 2017 bertempat di MTs Negeri Mranggen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multimedia dilakukan oleh guru pendidikan Agama Islam dengan cara memilih teknologi yang dikuasainya dan sesuai dengan bahan ajar. strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multimedia ini memanfaatkan kemajuan teknologi dalam penyampaiannya, yakni berupa Laptop dan LCD Proyektor. Guru memberikan sebuah refleksi kepada siswa dengan video, gambar, maupun suara yang berkaitan dengan materi. Pembelajaran berbasis multimedia ini dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata kunci: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Multimedia