Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Nilai. Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya penerapan nilai-nilai yang ada di dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam yang harus diterapkan kdalam diri peserta didik agar peserta didik mampu memahami nilai-nilai yang ada di dalalam pembelajaran serta dapat mengamplikasikan dalam kehidupannya sehari-hari. Pembelajaran sejarah kebudayaan Islam berbasis nilai, merupakan pembelajaran yang didasarkan atas nilai-nilai yang terkandung di dalamnya untuk memudahkan peserta didik dalalm memahami nilai yang ada. Dalam proses pembelajaran tersebut berlandaskan atas nilai-nilai yang ada di dalam materi. Oleh karena itu, peneliti menggunakan pembelajaran sejarah kebudayaan Islam berbasis nilai diharapkan dapat meningkatkan kepribadian peserta didik agar menjadi lebih baik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Nilai-nilai apa saja yang telah diterapkan dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Hidayatus Syubban Karangroto Genuk Semarang. 2) Materi apa yang telah diajarkan dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam berbasis nilai di MTs Hidayatus Syubban Karangroto Genuk Semarang. 3) Bagaimana pendekatan yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai sejarah kebuyaan Islam di MTs Hidayatus Syubban Karangroto Genuk Semarang. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui nilai-nilai apa saja yang diterapkan dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Hidayatus Syubban Karangroto Genuk Semarang. 2) Untuk mengetahui materi apa yang telah diajarkan dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam berbasis nilai di MTs Hidayatus Syubban Karangroto Genuk Semarang. 3) Untuk mengetahui pendekatan yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai sejarah kebuyaan Islam di MTs Hidayatus Syubban Karangroto Genuk Semarang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan tentang pembelajajran sejarah kebudayaan Islam berbasis nilai di MTs Hidayatus Syubban Kangroto Genuk Semarang, diperoleh hasil bahwa guru Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Hidayatus Syubban Karangroto Genuk Semarang telah menerapkan nilali-nilai yang ada di dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam