EFEKTIVITAS PROGRAM KO¬¬-KURIKULER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BACA TULIS AL-QUR’AN DI MAN 2 BANGETAYU KULON GENUK SEMARANG TAHUN 2018
Daftar Isi:
- Pendidikan Agama Islam dapat diartikan sebagai usaha-usaha secara sistematis serta pragmatis dalam membantu anak didik supaya berperilaku sesuai ajaran Islam yaitu berdasarkan sumber utama ajaran Islam. Pendidikan sendiri tidak terlepas dengan yang namanya kurikulum. Kurikulum ialah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelengaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kurikulum dibagi menjadi tiga yakni intrakurikuler, ko-kurikuler dan ekstrakurikuler. Ketiga kegiatan tersebut merupakan satu kesatuan utuh yang tidak dapat dipisahkan dalam mencapai tujuan pendidikan keseluruhan pada suatu satuan pendidikan atau dalam ranah sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, dimana dengan rancangan penelitian menurut kualitas yang ada di lapangan, dalam kata lain kehadiran peneliti sangatlah penting, karena peneliti adalah instrument kunci untuk makna yang ada, sumber data utama dalam penelitian dalam penelitian ini adalah kata-kata dan instrumen harus dilakukan oleh peneliti yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif yakni menganalisis data dengan mendeskripsikan atau mengambarkan data yang sudah dikumpulkan tanpa membuat generalisasi dari hasil penelitian.