Daftar Isi:
  • Studi ini membahas tentang Pembelajaran PAI dalam Pengembangan Sikap Sosial Peserta Didik di SMA Negeri 1 Demak. Pembelajaran PAI yang dimaksud adalah salah satu mata pelajaran di SMA Negeri 1 Demak, sedangkan Sikap sosial yang dimaksud adalah sikap atau cara peserta didik berinteraksi dengan guru-guru dan teman-temannya di sekolah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitaif. Jenis sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rumus Uji-t, yaitu untuk mencari efektivitas kedua variabel yaitu variabel dependen (Y) dan variabel independen (X). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Demak efektif dalam pengembangan sikap sosial peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan dan analisis yang menunjuukan bahwa t0 lebih besar daripada ttabel maka hipotesis nihil (H0) ditolak, hal ini berarti variabel bebas (X) berpengaruh terhadap variabel terikat (Y). Dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (t0 = 3,21) dan besarnya “t” yang tercantum pada tabel nilai dengan taraf signifikansi 5% maupun 1% tersebut maka dapat kita ketahui bahwa t0 adalah lebih besar dari ttabel yaitu 2,048<6,66> 2,763. Maka semakin baik pembelajaran PAI di SMA Negeri 1 Demak, akan semakin baik pula sikap sosial peserta didik. Kata kunci: Pembelajaran PAI dan Sikap Sosial